Kamis, 11 Agustus 2016

Pengertian Sistem



-Pengertian Sistem-

Menurut Wikipedia ( Sumber  :https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem ) Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara di mana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Pengertian Sistem menurut para ahli [1]
1. Pengertian sistem menurut Pamudji adalah suatu keseluruhan dan kebulatan yang kompleks atau tersusun rapi dimana suatu perpaduan atau himpunan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu keseluruhan yang utuh atau kompleks.
2. Pengertian sistem menurut Prajudi adalah suatu jaringan yang memiliki prosedur-prosedur yang terkait antara yang satu dengan yang lainnya sesuai dengan pola atau skema yang bulat bertujuan untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dari suatu urusan atau usaha.
3. Pengertian sistem menurut Poerwdarminta adalah sekelompok bagian-bagian yang bekerja secara bersama agar dapat melakukan sesuatu maksud. Jika salah satu bagiannya yang rusak atau tidak dapat menjalankan tugas maka maksud tidak akan tercapai atau tidak terpenuhi atau sistem yang terwujud akan mendapatkan sebuah gangguan.
4. Pengertian sistem menurut musanef adalah suatu sarana yang menguasai pekerjaan dan keadaan supaya dapat menjalankan tugas secara teratur.
5. Pengertian sistem menurut L. James Havery adalah suatu prosedur rasional dan logis yang berguna merancang atau melakukan suatu rangkaian komponen yang memiliki keterhubungan antara yang satu dengan lainnya.
6. Pengertian sistem menurut kamus besar bahasa indonesia adalah suatu perangkat unsur yang teratur dengan saling berkaitan sehingga dapat membentuk sebuah totalitas pernapasan, peredaran darah di tubuh dan pencernaan makanan. 2, susunan yang teratur dari pandangan, asas, teori. Semisal sistem pemerintahan negara (totaliter, demokrasi dan parlementer dsb).3, Metode. Semisal pendidikan (individual, klasikal dsb).
7. Pengertian sistem menurut Gordon B. Davis adalah sebuah struktur yang terdiri dari bagian-bagian yang memiliki keterkaitan yang berjalan bersama agar sasaran dan maksud dapat tercapai.
8. Pengertian sistem menurut Salisbury adalah komponen-komponen atau sekelompok bagian yang saling bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.
9. Pengertian sistem menurut John Mc Manama adalah suatu struktur konseptual yang secara teratur dari fungsi-fungsi yang memiliki keterhubungan yang bekerja sebagai kesatuan yang organik untuk mencapai hasil yang diinginkan efisien dan efektif.
10. Pengertian sistem menurut Ludwig Von Bartalanfy adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan dalam suatu antar relasi diantara komponen-komponen dengan lingkungan.
11. Pengertian sistem menurut Indrajid adalah komponen-komponen atau kumpulan-kumpulan yang memiliki keterhubungan antara yang satu dengan lainnya.
12. Pengertian sistem menurut C.W. Churchman adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan secara harmonis dan selaras untuk mencapai tujuan.
13. Pengertian sistem menurut Andri Kristanto adalah suatu jringan kerja pada prosedur-prosedur yang memiliki keterhubungan dan berkumpul secara bersama agar dapat melakukan suatu kegiatan dan menyelesaikan sasaran tertentu.
14. Pengertian sistem menurut Webster’s Unabridged adalah komponen-komponen yang memiliki keterhubungan dalam membentuk organisasi atau kesatuan.
15. Pengertian sistem menurut Pilecki adalah sekumpulan objek dengan menghubungkan objek tersebut dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem merupakan satu kesatuan yang terdiri atas sejumlah bagian-bagian, atribut dari bagian dan keterhubungan antara bagian dengan atribut.
16. Pengertian sistem menurut J.C. Hinggins adalah seperangkat bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berhubungan.
17. Pengertian sistem menurut Anatol Raporot adalah sekumpulan kesatuan dan perangkat yang memiliki hubungan antara yang satu dengan yang lainnya.
18. Pengertian sistem menurut Robert Allen dan Mark Victor Hansen adalah suatu prosedur terorganisir dan mapan yang akan membuahkan hasil.
19. Pengertian sistem menurut O’Brien adalah sekelompok bagian yang saling memiliki keterhubungan dengan bekerjasama agar dapat mencapai tujuan bersama dengan menerima masukan serta menghasilkan keluaran yang bertransformasi secara teratur.
20. Pengertian sistem menurut Bertalanffy adalah sekumpulan komponen yang berinteraksi antar satu dengan lainnya dan saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama.
21. Pengertian sistem menurut Djekky R.Djoht adalah pengelompokkan atau agregasi objek-objek yang disatukan oleh beberapa interaksi yang saling tergantung atau tetap, kelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikan rupa oleh alam atau oleh seni sehingga dapat membentuk suatu keseluruhan integral yang berfungsi, bergerak atau beroperasi dalam satu kesatuan atau kelompok.
22. Pengertian sistem menurut L. Ackof adalah setiap kesatuan yang secar fisik atau konseptual terdiri dari komponen-komponen yang saling tergantung antara yang satu dengan yang lainnya.
23. Pengertian sistem menurut Jogianto adalah sekumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk menggapai suatu tujuan tertentu.
24. Pengertian sistem menurut Azhar susanto adalah kumpulan atau grup dari subsistem atau komponen atau bagian, baik non fisik maupun fisik yang saling memiliki keterhubungan antara yang satu dengan lainnya serta bekerjasama secara harmonis untuk bisa mencapai tujuan.
25. Pengertian sistem menurut Zulkufli A.M adalah himpunan suatu benda nyata atau abstrak yang meliputi komponen-komponen atau bagian-bagian yang saling berhubungan, keterkaitan, ketergantungan dan saling memberikan dukungan yang secara menyeluruh bersatu dalam satu kesatuan untuk menggapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.

0 komentar:

Posting Komentar