Kamis, 11 Agustus 2016

Pengertian Sstem Informasi



-SISTEM INFORMASI-


Menurut Wikipedia (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi) Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.



Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli [1]


1. Mc.Leod

Pengertian sistem informasi yang pertama berasal dari pernyataan yang diungkapkan oleh Mc Leod. Mc Leod menyatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem yang memiliki sebuah kemampuan tertentu untuk mengumpulkan informasi dari berbagai macam sumber, dengan cara memanfaatkan beragam media untuk menampilkan informasi yang sudah diperoleh.

2. Hanny Lucas (1988)

Lucas mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu kegiatan dari prosedur – prosedur yang diorganisasikan, yang mana apabila sistem tersebut dieksekusi, maka sistem tersebut akan menyediakan berbagai informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan juga pengendalian yang ada di dalam suatu organisasi.

3. Tata Sutabri

Pengertian dari sistem informasi berikutnya datang dari Tata Sutabri, yang menyatakan bahwa sistem informasi adalah sebuah sistem dalam suatu organisasi, dimana sistem tersebut dapat mempertemukan kebutuhan akan pengolahan data transaksi yang dapat mendukung fungsi manajerial sebuah organisasi.

4. Riyadi

Riyadi, dalam modul pengantar konsep sistem informasi yang dibuatnya mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem tertentu yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi user atau penggunanya.

Lebih lanjut disebutkan pula bahwa sistem informasi adalah suatu bentuk sistem terintegrasi dari manusia dan mesin, yang dimanfaatkan untuk menyediakan informasi pada operasi dan manajeman pada suatu organisasi.

5. Erwan Arbie

Erwan Arbie juga memberikan pengertian lainnya mengenai sistem informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

6. Tafri D. Muhyuzir

Sistem informasi menurut Muhyuzr adalah suatu data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga pada akhirnya data tersebut menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerima dan juga menggunakannya.

7. O’Brien

O’Brien mengatakan bahwa istem informasi merupakan suatu kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user atau manusia, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan juga database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi. Jadi, pada dasarnya, sistem informasi memang harus memiliki elemen – elemen tersebut aga dapat berguna dan juga bekerja dengan optimal.

8. Leitch Rosses

Rosses mendefinisikan sistem informasi sebagai suatu sistem dalam suatu organisasi yang dapat mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyajikan kompbinasi tersebut ke pihak lain yang berada di luar organisasi.

9. John Nash & Robert (1988)

Nash dan Robert (dalam Sudaya) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan kombinasi dari user atau orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.

10. Lani Sidharta

Sidharta, mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang berisi serangkaian komponen – komponen terpadu, serta bagian – komponen terkomputerisasi yang ditujukan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

11. Jogiyanto (2001)

Jogiyanto (2010) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manejerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan

12. Simkin Mark

Mark menyatakan bahwa sistem informasi merupakan sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama baik secara manual ataupun berbasis komputer dalam melaksanakan pengolahan data yang berupa pengumpulan, penyimpanan, pemprosesan data untuk menghasilkan informasi yang bermakna dan berguna bagi proses pengambilan keputusan.

13. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Leitch & Davis juga mengemukakan pendapat mereka mengenai sistem informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdapat di dalam suatu organisasi yang berfungsi untuk mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan memberikan hasilnya dalam bentuk laporan bagi pihak – pihak luar.

14. Gordon B. Davis (1991)

Davis (1991) mengatakan bahwa suatu sistem informasi adalah sebuah sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya. Dengan begitu, mka abisa disimplkan bahwa suatu sistem informasi memilki alur tertentu, mulai dari input hingga menjadi output yang bermanfaat.

15. John F. Nash (1995)

Nash (1995) mendefinisikan sistem informasi Sebagai sebuah kombinasi dari manusia sebagai usernya, fasilitas atau alat teknologi (seperti teknologi komputer dan juga teknologi jaringan), media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

16. Kertahadi (2007)

Kertahadi (2007) menyebutkan bahwa sistem informasi merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya dari pembuatan alat berupa sistem informasi tesebut adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

17. Rommey (1997)

Rommey (1997) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan sebuah sistem yang diselenggarakan untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara dan juga prosedur tertentu.

18. Stair & Reynolds (2010)

Tokoh lainnya, yaitu Stair & Reynolds (2010) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu perangkat elemen atau komponen yang saling terkait satu sama lain, yang dapat mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan juga menyebarkan data dan juga informasi, serta mampu untuk memberikan feedback untuk memenuhi tujuan suatu organisasi.

19. Henry Lucas

Lucas mengatakan definisi lainnya mengenai sistem informasi. Menurut Lucas, sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat

20. Laudon dan Laudon (2010)

Laudon dan Laudon (2010) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sistem informasi adalah suatu komponen yang saling bekerja satu sama lain untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan juga menyebarkan informasi untuk mendukung kegiatan suatu organisasi, seperti pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis masalah, dan juga visualisasi dari organisasi.

21. Ferdinand Magaline

Magaline, menyatakan beberapa konsep dasar dan juga pengertian dari sistem informasi. Menurut Magaline, sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasional dari sebuah organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

22. Kompasiana

Kompasiana juga ikut memberikan definisi mengenai sistem informasi. Menurut Kompasiana, sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

0 komentar:

Posting Komentar